Intip Hal-hal Apa Saja yang Mesti Bunda Siapkan saat Hamil, Yuk!

Oleh : Delia Anjali

Hamil anak pertama pasti menimbulkan beragam reaksi, ya, Bun! Senang, terharu, deg-degan, dan bingung rasanya campur aduk. Informasi yang Bunda dapatkan dari keluarga, kerabat, dan sahabat pasti rasanya kurang untuk memenuhi rasa penasaran Bunda yang kebingungan untuk mempersiapkan kehamilan, apalagi anak pertama. Bertanya melalui internet, pun, malah semakin membuat bingung saking banyaknya informasi yang muncul dari internet.

Untuk meminimalkan rasa bingung Bunda, sekaligus untuk membuat kehamilan berjalan lancar, berikut kami rangkum hal-hal apa saja yang mesti Bunda siapkan saat hamil.

#1 Trimester Pertama (Usia Kehamilan 1 – 12 Minggu)

  1. Memilih Dokter Kandungan atau Bidan yang Tepat

Pastikan Bunda memilih dokter kandungan atau bidan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan sekaligus budget. Pastikan Bunda sudah berdiskusi dengan suami dalam memilih dokter kandungan atau bidan untuk menjadi mitra konsultasi selama kehamilan.

  1. Mengonsumsi Makanan Bergizi

Pastikan Bunda rutin mengonsumsi makanan bergizi. Selama kehamilan, Bunda harus banyak mengonsumsi makanan bergizi dengan porsi seimbang diiringi cukup minum air putih, dan meminum susu hamil sesuai usia kandungan. Penting juga agar Bunda menghindari mengonsumsi makanan pedas dan berlemak, minuman beralkohol, minuman bersoda, kafein, dan makanan minuman lain yang tidak sehat. Pastikan juga Bunda menjauhi rokok dan tidak sembarangan mengonsumsi obat-obatan tanpa resep dokter,

  1. Rutin Mengonsumsi Vitamin

Saat Bunda sudah menemukan mitra konsultasi kehamilan yang tepat, baik itu dokter kandungan maupun bidan, biasanya Bunda akan diberikan vitamin yang mengandung asam folat untuk memproduksi sel darah merah, hingga mengurangi risiko lahir premature. Selain itu, apabila Bunda mengalami mual muntah di trimester awal, Bunda akan diberikan obat pereda.

  1. Hindari Stres

Pastikan pula Bunda mengurangi bahkan menghindari risiko stress yang memiliki efek berbahaya bagi janin. Usahakan untuk selalu meminta dukungan kepada suami, keluarga, kerabat, dan sahabat untuk menghindari risiko stress dan menjaga Bunda tetap Bahagia.

  1. Menabung untuk Persiapan Lahiran

Pastikan Ayah Bunda memiliki tabungan untuk persiapan lahiran. Jangan terlalu bergantung pada BPJS Kesehatan maupun asuransi-asuransi kesehatan lainnya, persiapan kalau-kalau asuransi-asuransi tersebut tidak menanggung semua biaya persalinan. Selain itu, uang tabungan tadi juga bisa dipersiapkan untuk keperluan pascalahiran, seperti aqiqah.

#2 Trimester Kedua (Usia Kehamilan 13 – 28 Minggu)

  1. Berolahraga

Pastikan Bunda meluangkan waktu untuk berolahraga, karena berolahraga memiliki efek yang sangat baik untuk Bunda dan janin, seperti mengurangi risiko sakit pinggang, mengencangkan otot panggul, dan melatih Teknik pernapasan. Pilih olahraga ringan seperti senam hamil, senam kegel, maupun yoga dengan durasi 10 menit setiap harinya.

  1. Belanja Pakaian Ibu Hamil

Menginjak trimester kedua, biasanya perut Bunda sudah mulai membesar seiring perkembangan janin. Apabila pakaian Bunda sudah sempit dan membatasi gerak Bunda, pastikan Bunda mulai berbelanja pakaian khusus Bumil yang nyaman.

  1. Mempersiapkan Nama Anak

Mempersiapkan nama anak merupakan kegiatan seru bagi Ayah Bunda yang akan segera menimang buah hati. Karena nama adalah doa dari orang tua, pastikan Ayah Bunda mendiskusikan nama-nama yang baik lagi indah untuk calon buah hati.

  1. Melakukan USG

Untuk meminimalkan rasa penasaran Ayah Bunda akan jenis kelamin calon buah hati, Ayah Bunda bisa melakukan USG.

#3 Trimester Ketiga (Usia Kehamilan 29 – 40 Minggu)

  1. Tetap Memantau Perkembangan Janin dan Belajar Mengenali Kontraksi

Pastikan Bunda tetap memantau perkembangan janin. Pastikan juga Bunda belajar mengenali kontraksi, untuk memastikan apakah kontraksi yang Bunda alami merupakan tanda-tanda akan melahirkan atau bukan.

  1. Merawat Payudara untuk Persiapan Menyusui

Pastikan Bunda merawat payudara untuk persiapan menyusui dengan cara memijat payudara atau senam payudara untuk meningkatkan dan memperlancar produksi ASI.

  1. Belanja Kebutuhan dan Perlengkapan Bayi

Apabila Bunda sudah tahu perkiraan jenis kelamin calon buah hati, pastikan Ayah Bunda sudah mempersiapkan kebutuhan bayi, seperti celana, popok kain, baju lengan pendek maupun panjang, bedong, selimut, kaus kaki, sarung tangan, bantal guling, topi bayi, handuk bayi, bak mandi, alat pompa asi, bedak, minyak telon, alat pencuci botol, dan perlengkapan lainnya.

#4 Jangan Lupa untuk Mencari Jasa Aqiqah

Pastikan Ayah Bunda memilih jasa aqiqah yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan sekaligus budget. Untuk membantu Ayah Bunda dalam persiapan aqiqah si kecil pascalahiran, Syamil Aqiqah hadir dengan berbagai pilihan paket aqiqah terjangkau yang dapat Ayah Bunda pertimbangkan. 

Silakan konsultasi dan order langsung dengan Costumer Service kami, KLIK LINK DI BAWAH.

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *